Rabu, 21 April 2010

selamat hari bumi 2010

bumi ini makin tuwa,..makin nelangsa,...kenapa???

isu lingkungan yang paling booming selama 15 tahun terakhir, Global Warming atau pemanasan global. ini disebabkan oleh tekanan gas yang ada pada bumi semakin meningkat, akibatnya lapisan ozon berlubang yang disebabkan oleh gas.gas tersebut; contohnya? penggunaan AC yang mengeluarkan gas jenis CFC yang terbukti dapat melubangi ozon, pembakaran sampah yang mengeluarkan asap jenis gas methane yang lagi.lagi terbukti dapat melubangi ozon, serta asap.asap kendaraan yang mengandung CO. penggunaan hair-spray, penghamburan listrik dan air, penebangan pohon tanpa sistem TPT, lebih banyak mengkonsumsi daging yang menyebabkan penggundulan hutan semakin marak hanya untuk berternak sapi, kambing, dll.

peternakan adalah investor terbesar dalam menyumbang gas methane yang bisa merusak ozon, di Brazil, hutan digunduli untuk menggembalakan ternaknya, makanan ternak yang berupa rumput, pengolahan rumput juga melibatkan pupuk yang mempunyai kandungan sintetik N, P, K sangat tinggi dan dapat merusak struktur tanah, karena sampai saat ini tidak semua petani menyadari akan pentingnya penggunaan pupuk organik yang dapat menyuburkan tanah.

bisa dibayangkan jika hutan digunduli untuk tempat menggembara dengan rumput sbgai makanan pokok ternak yang tumbuh dengan pupuk sintetik yang dapat merusak struktur tanah, dan lagi lahan pertanian yang makin sempit sehingga penanaman sayuran mulai berkurang seiring bertambahnya minat masyarakat dalam mengkonsumsi daging yang jika ditinjau lebih lanjut banyak penyakit yang terkandung dalam lemak hewani.

gas methane yang dihasilkan dari peternakan berasal dari kotoran.kotoran serta gas yang dibuang oleh ternak. berasal dari rumput dengan pupuk sintetik, berakhir dengan limbah yang mengandung gas methane yang tak bisa menembus lapisan atmosfer sehingga terperangkap dalam bumi yang mengakibatkan berlubangnya lapisan ozon dan tekanan air laut semakin tinggi.

Bumi kita makin tua,...cepat atau lambat pasti akan hancur, terserah anda,...mau memperlambat atau mempercepat kehancurannya....yang jelas kita masih punya anak cucu yang butuh hidup di bumi ini.

Selamat hari bumi kawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SANG RAJA KECIL

Lilypie 1st Birthday PicLilypie 1st Birthday Ticker